Recent in Fashion

Best Seller Books

Menampilkan coloumn header pada Listview di VB NET

Menampilkan coloumn header pada Listview di VB NET
Cara mengubah properti view pada listview agar dapat menampilkan coloumn header di Microsoft Visual Basic Net. Seperti biasa blog ini membahas tentang belajar visual basic. Untuk menampilkan data di vb.net dari database server kita memerlukan kontrol Listview. Listview ini akan menampilkan data dengan cara yang simpel, mudah dan indah alias gak ribet yang akan menampilkan data di program visual basic yang dibuat nantinya.

Namun mungkin jika pertama kali menggunakan listview di vb agak kebingungan mengapa headernya tidak muncul sehingga saat aplikasi dijalankan data yang ada pada listview membingungkan  saat dibaca.

Nah untuk itu kita harus mengubah nilai properti pada listview. Dalam artikel ini, penulis akan memberikan basic untuk mengubah properti view pada listview. Jadi inilah cara yang pertama kali harus dibuat saat menampilkan data ke listview, jika langkah ini telah dibuat maka kita bisa membuat column header pada listview lalu memasukan data pada listview.

Lalu apakah fungsi pada artikel ini?

Adapun fungsinya adalah agar data pada listview dapat tampil seluruhnya pada item maupun sub item dan juga untuk menampilkan coloum header.

Lalu bagaimana cara mengubah properti view pada listview?

Untuk mengubahnya ada 2 cara yaitu mengubah properti listview pada jendela properies dan juga mengubahnya dengan menambahkan bars kode.

1. Mengubah nilai views pada listviews melalui jendela properties

Untuk mengubah nilai properti views pada listview di vb.net dengan mengubahnya melalui jendela properties adapun caranya, yaitu:
  1. Klik listview
  2. Pada jendela properties cari views
  3. Pada views ubah datanya menjadi Details
bahasa dot net belajar vb koding vb Cara mengubah properti view pada listview agar dapat menampilkan coloumn header
Mengubah nilai properti views pada listview melalui jendela properties

2.  Mengubah nilai properti dengan menambahkan coding 

Untuk mengubah nilai properti views pada listview di visual basic dot net dengan menambahkan/menggunakan source code yaitu dengan menggunakan coding vb dibawah

Public konek As New SqlConnection
Public cmd As New SqlCommand
Public sqlstr As String
Public rdr As SqlDataReader

Public Sub opendatabase()
konek.ConnectionString = "Data Source=.\SQLEXPRESS;initial catalog= mencobabelajar;integrated security=true;"
konek.Open()
End Sub
Listview1.view=Details

Anda bisa menggunakan coding diatas pada event load pada form dengan cara double click form, lalu masukan coding diatas.
Sekian tutorial kali ini
Setelah ini maka kita membuat column header pada listview yang bisa dibaca pada artikel ini 3 Cara Mudah Dalam Membuat Column Header pada Listview di VB.NET

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

1 Komentar

Article Top Ads

Parallax Ads

POST ADSENSE ADS
HERE
THAT HAVE BEEN PASSED

Article Center Ads

Article Bottom Ads